Setelah
dua tahun menjalani kehidupan sebagai "orang rumahan" saya akan
sedikit memberikan konklusi atas apa yang saya jalani, gak perlu didebat yah
karena ini by experience semua orang bisa berbeda-beda.
Pertama
Bekerja dari rumah memberikan Anda banyak waktu untuk produktif karena gak ada
mobilisasi yang lama karena jarak tempat tidur ke ruang kerja cuma 2 meter.
Kedua
Energi
anda lebih banyak untuk bekerja dibanding energi untuk lainnya seperti duduk
lama dalam perjalanan, berbicara dengan rekan kerja, moving dari satu ruangan
ke ruangan lain.
Ketiga
Sumber
stress hanya datang dari satu arah dan penyelesaiannya pun terletak ditangan
Anda sepenuhnya karena Anda tidak perlu konflik dengan atasan, rekan kerja, ketua
tim, dan komplain dari orang banyak.
Keempat
Biaya
lebih hemat karena Anda tidak setiap hari menggunakan kendaraan sehingga ongkos
bensin bisa ditekan, biaya makan diluar juga tersave karena Anda bisa makan
tinggal dimasakin sama istri tercinta. Transaksi dengan klien atau buyer cukup
dilakukan via chat.
Kelima
Waktu
Anda untuk keluarga jauh lebih banyak sehingga kebersamaan dan kedekatan dengan
anak khususnya jauh lebih intens
Seindah
itukah ?
Nah
kelima point diatas tentu saja bukan tanpa syarat, bekerja dari rumah juga
butuh banyak persiapan dan proses adaptasi yang panjang.
Pertama
pastikan Anda sudah tahu ingin fokus berbisnis apa dan sudah menguasai
knowledgenya baik itu secara teknis maupun mindset. Kalo tidak yang terjadi
malah Anda akan menghabiskan waktu percuma. Sekedar catatan dua tahun sebelum
resign saya habis-habisan mempelajari semua hal yang saya perlukan untuk
menjalani hidup sebagai netprenuer.
kedua,
pastikan semua sarana dan fasilitas sudah ada gak mesti sempurna yang penting bisa
dipakai, seperti laptop/pc, dan saran pendukung lainnya. Jika Memungkinkan
siapkan ruang kerja khusus agar terhindar dari gangguan.
Ketiga,
karena Anda tidak punya bos kuasai ilmu self mastery agar Anda tidak dikuasai
rasa malas, acuh tak acuh dan suka menunda, Selesaikan semua project sesuai
waktu yang direncanakan. Terapkan metode deep work pada saat Anda bekerja. Yang
terakhir disiplin pada yang sudah Anda targetkan.
Keempat,
atur anggaran dengan baik dan fokus untuk terus mendapatkan pendapatan, ingat
Anda sudah bukan karyawan yang menunggu gaji tiap bulan, Di awal-awal usahakan
Anda sudah punya pendapatan bulanan, lalu cari sumber pendapatan mingguan, dan
terakhir cari sumber pendapatan harian. Pelajari ilmu cashflow biar gak bocor.
Kelima,
beri pengertian kepada istri dan keluarga bahwa pada saat Anda bekerja mohon
untuk tidak diganggu dengan hal-hal yang tidak penting kalo masih punya anak
balita memang harus sedikit tegaan alias acuh saat mereka menggedor-gedor pintu
ruang kerja Anda.
Lalu
bagaimana agar sukses bekerja dari rumah ?
Untuk
lebih detailnya, saya siapkan ilmu cashflow seriesnya untuk anda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar